Visi & Misi

A. Visi
Kurikulum Operasional Sekolah disusun oleh Satuan Pendidikan untuk memungkinkan
penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah.
Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan
dan tantangan masa depan diantaranya adalah:perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas
antar dan lintas sektor serta tempat, era informasi, pengaruh globalisasi terhadap
perubahan perilaku dan moral manusia, berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua
terhadap pendidikan, era digitalisasi dan perdagangan bebas. Tantangan dan peluang itu
harus direspon oleh Satuan Pendidikan SMP NEGERI 1 PACE, sehingga visi sekolah
diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi
tidak lain merupakan cita-cita moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan
di masa datang.
Adapun visi Satuan Pendidikan SMP NEGERI 1 PACE adalah:
“ Berkarakter Profil Pelajar Pancasila, Berprestasi, Inovatif dan Berbudaya “


B. Misi
Berdasarkan visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi
berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi
adalah sebagai berikut:
1. Menciptakan profil pelajar yang berakhlak mulia dan rajin beribadah.
2. Menciptakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan berkarakter yang mampu
memfasilitasi pelajar sesuai bakat dan minatnya.
3. Meningkatkan manajemen satuan pendidikan yang adaftif, berkarakter, dan menjamin mutu
4. Menciptakan lingkungan sekolah sebagai tempat perkembangan intelektual, sosial,
emosional, ketrampilan, dan pengembangan budaya lokal dalam kebhinekaan global
5. Menciptakan profil pelajar yang berakhak mulia, mandiri, bernalar kritis dan kreatif
sehingga mampu mengkreasi ide dan keterampilan yang inovatif
6. Menjamin hak belajar setiap anak tanpa terkecuali termasuk anak yang berkebutuhan khusus
(inklusi) dalam proses pembelajaran yang menjunjung tinggi nilai gotong-royong.
7. Menciptakan partisipasi aktif orang tua dan masyarakat dalam keberagaman yang mewadahi
kreatifitas pelajar yang berjiwa kompetitif.
8. Mewujudkan peingkatan profesionalisme guru melalui pendidikan dan pelatihan, MGMP,
Webinar dan Workshop
9. Mengembangkan sarana dan prasarana sesuai Standar Nasional Pendidikan
10. Melaksanakan manajemen sekolah yang partisipatif dan akuntabel
11. Mendorong partisipasi orang tua melalui Komite Sekolah
12. Melaksanakan manajemen pembiayaan yang transparan dan akuntabel
13. Melaksanakan kegiatan sistem penilaian yang sesuai dengan SNP
14. Mengikuti kegiatan lomba/ Olimpiade Mapel, Olah raga dan Kesenian di sekolah dan
Di luar Sekolah baik tingkat kabupaten maupun Provinsi
15. Menerapkan pola hidup sehat, disiplin dan yang bernuansa agamis.

C. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai Satuan Pendidikan SMP NEGERI 1 PACE sebagai bentuk
untuk mewujudkan visi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Jangka Pendek (1 tahun)
a. Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia
b. Mendorong peserta didik untuk mampu mengreasikan ide yang dituangkan
dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada budaya lokal.
c. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memacu peserta didik bernalar
kritis, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide dan gagasan.
d. Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah yang menunjang peseta didik
dalam mngreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya lokal.
e. Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan
kegiatan berbasis proyek yang mnegedepankan jiwa kegotong-royongan
2. Tujuan Jangka Panjang (4 tahun )
a. Merancang pembelajaran yang mengedepankan ciri khas sekolah dan daerah
dalam nuansa kebhinekaan global yang harmonis;
b. Membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan daya saing, berkarakter,
berprestasi dan memiliki pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta
saling menghargai perbedaan dan mencintai lingkungan danbangsanya;
c. Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan Profil Pelajar
Pancasila dalam kehidupan nyata;
d. Menjadi pemimpin bagi diri dan temannya untuk menjadi pribadi yang
bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan bangga dalam kegotong – royongan.
e. Menguasai kecakapan dalam berkomunikasi sosial dan berjiwa kompetitif,
kreatif dan mandiri yang tetap menjunjung budaya lokal
f. Mempunyai
life skill yang mampu berdapatasi dengan perekembanganjaman.
g. Mampu mengkreasikan ide/ gagasan yang dituangkan dalam tindakan atau
karya yang berakar dari budaya lokal dalam kebhinekaan global
h. Mempunyai karakter yang sopan, santun dan dan mandiri, kreatif yang
mampu bersaing sesuai perkembangan jaman.
i. Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan proses
perkembangan intelektual, emosional, sosial, ketrampilan dan tumbuh
kembang peserta didik sesuai tingkat kemampuan dan kondisi masing masing
peserta didik yang mengedepankan nilai gotong royong.
j. Menjadikan masyarakat dan orang tua sebagai mitra bersama dalam
menjalankan penyelenggaraan pendidikan sekolah